Menuju Dunia Sepak Bola Joao Felix

Joao Felix (João Félix Sequeira), nama lengkap João Félix Sequeira, lahir pada tanggal 10 November 1999 di Viseu, Portugal. Dia adalah pemain sepak bola profesional pria Portugal yang berposisi sebagai striker bayangan. Dia saat ini dipinjamkan dari klub La Liga Atletico Madrid ke FC Barcelona.

Karier
Tahun-tahun awal
Felix lahir di Viseu, Portugal pada tanggal 10 November 1999. Karena ayah Felix adalah seorang pelatih kebugaran sepak bola, Felix telah mengenal sepak bola di bawah bimbingan ayahnya sejak ia masih kecil, dan akhirnya jatuh cinta dengan olahraga ini. Pada tahun 2007, Felix bergabung dengan Tim Sepak Bola Remaja Pestinhas di Tondela ditemani ayahnya. Setelah bergabung dengan tim, skill luar biasa Felix menarik perhatian pramuka dari Porto.

Pada tahun 2008, Felix bergabung dengan Kamp Pelatihan Pemuda Klub Sepak Bola Porto. Setelah itu, ayahnya berangkat dari rumah pada pukul 17.00 setiap hari untuk mengirim Felix ke Porto untuk mengikuti latihan yang dimulai pada pukul 19.00. Namun, pada usia 14 tahun, Felix tersingkir dari kamp pelatihan pemuda Porto karena tubuhnya yang lemah. Usai tersingkir, Felix sempat ingin berhenti bermain sepak bola, namun kemudian di bawah bujukan dan pengawasan ayahnya, Felix berubah pikiran dan bergabung dengan tim U-17 Padones. Pada tahun 2015, Felix dipindahkan ke sistem pelatihan pemuda Benfica.

Benfica
Pada musim 2015-16, Felix bermain sebanyak 27 kali di tim Benfica U-17 dan mencetak 10 gol. Kemudian pada musim 2016-17, Felix dipromosikan ke tim Benfica U-19, dan mencetak 9 gol dalam 26 pertandingan musim itu, membantu tim tersebut meraih runner-up European Youth League. Rentetan penampilan tersebut membuat Felix bisa dipromosikan ke tim Benfica B dan berkesempatan berlatih bersama tim utama Benfica.

Pada musim 2017-18, Felix menjadi pemain termuda dalam sejarah tim Benfica B di tim Benfica B, kemudian mencetak gol voli di Liga Portugal melawan Viseu Academy di tim Benfica B, menjadi pencetak gol termuda di Liga Portugal. .

Baca Selengkapnya:  Peran Timnas Sepakbola Indonesia dalam Membawa Kebanggaan Bagi Negara

Pada tahun 2018, sebelum dimulainya musim 2018-19, Felix dipromosikan ke tim utama Benfica. Pada tanggal 18 Agustus, di putaran kedua Liga Super Portugal, Benfica mengalahkan Boal Vista 2-0. Felix mendapat kesempatan masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-87 babak kedua dan menyelesaikan debutnya di tim utama.

Pada Januari 2019, setelah Bruno Lage menjadi pelatih kepala Benfica, Felix dipromosikan menjadi pemain utama. Pada tanggal 2 Maret, dalam derby nasional putaran ke-24 Liga Super Portugal, Benfica mengalahkan Porto 2-1. Felix membantu tim menyamakan skor pada menit ke-26 babak pertama. Pada 11 April, di babak pertama perempat final Liga Eropa UEFA, Benfica mengalahkan Frankfurt 4-2. Felix memimpin empat gol tim, melakukan hattrick, dan mengirimkan assist kepada rekan satu timnya. Di usianya yang masih 19 tahun, 5 bulan, dan 2 hari, Felix menjadi pemain termuda sepanjang sejarah Liga Europa UEFA yang berhasil mencetak hattrick. Pada saat yang sama, ia memecahkan rekor pendahulunya Eusebio dan menjadi pemain termuda dalam sejarah sepak bola Portugal yang melakukan hattrick di perang Eropa.

Pada musim 2018-19, Felix bermain 43 kali untuk Benfica di berbagai kompetisi, mencetak 20 gol, membuat 11 assist, dan terpilih menjadi Tim Terbaik Musim Liga Super Portugal dan Tim Terbaik Liga Eropa UEFA.

Atlético Madrid
Pada Juli 2019, tim La Liga Atletico Madrid mengaktifkan klausul penghentian Felix sebesar 126 juta euro di Benfica. Kedua belah pihak menandatangani kontrak berdurasi 7 tahun. Biaya tersebut tak hanya memecahkan rekor biaya transfer tim, namun Felix juga melampaui rekor biaya transfer Cristiano Ronaldo dan menjadi pemain Portugal termahal.

Pada tanggal 21 Juli 2019, pada pertandingan pemanasan dimana Atletico Madrid mengalahkan Numancia 3-0, Felix memulai dengan seragam No. 7 dan menyelesaikan debutnya di Atletico Madrid, namun pada menit ke-28 babak pertama, Felix meninggalkan lapangan. dini karena cedera.

Pada musim 2020-21, Felix membantu Atletico Madrid kembali meraih gelar juara La Liga setelah 7 tahun.

Baca Selengkapnya:  Organisasi Bola Basket Dunia FIBA

Chelsea (dipinjamkan)
Pada 11 Januari 2023, Felix bergabung dengan Chelsea dengan status pinjaman selama 6 bulan. Dikabarkan biaya pinjamannya sebesar 10 juta poundsterling. Chelsea akan menanggung gaji striker tersebut, namun tidak ada klausul pembelian. Pada pertandingan hari berikutnya melawan Fulham, Felix membuat penampilan pertamanya untuk Chelsea, namun dikeluarkan dari lapangan pada pertandingan pertamanya dan kemudian dilarang bermain tiga pertandingan.

Pada 11 Februari 2023, Felix kembali dari skorsing dan mencetak gol pertamanya di Premier League saat bermain imbang 1-1 di liga dengan West Ham United.

Barcelona (pinjaman)

Pada 1 September 2023, Felix bergabung dengan Barcelona dengan status pinjaman bersama rekan setimnya asal Portugal Joao Cancelo untuk musim 2023-24.

Pada 19 September 2023, Felix melakukan debutnya di Liga Champions untuk Barcelona, ​​​​mencetak dua gol dan memberikan satu assist untuk membantu Barcelona mengalahkan Antwerp 5-0 dan dinobatkan sebagai pemain terbaik pertandingan tersebut.

Karier tim nasional
Pada Juli 2017, Felix dipanggil ke timnas Portugal U-17, dan kemudian Felix merapat ke timnas Portugal U-20 pada tahun 2017. Selain itu, Felix juga sempat memainkan dua pertandingan untuk timnas Portugal U-19 pada tahun 2018. .

Pada Mei 2019, Felix terpilih masuk tim nasional sepak bola Portugal untuk pertama kalinya. Pada tanggal 5 Juni, di semifinal Liga Bangsa-Bangsa Eropa, Portugal mengalahkan Swiss 3-1 untuk melaju ke final. Felix mendapat kesempatan untuk menjadi starter dalam permainan dan menyelesaikan debutnya di tim nasional.
Pada tanggal 5 September 2020, Felix mencetak gol internasional pertamanya dalam pertandingan European Nations League melawan Kroasia.

Pada Juni 2021, Felix terpilih menjadi anggota tim nasional sepak bola Portugal untuk bermain di Kejuaraan Sepak Bola Eropa.

Kehidupan pribadi
Pada bulan April 2020, selama pandemi COVID-19, Felix melakukan kampanye crowdfunding untuk menyumbangkan peralatan ke rumah sakit di kampung halamannya di Viseu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • jalalive
  • okestream
  • jalalive com
  • jalalive 2
  • score808
  • yalla shoot
  • rbtv77
  • bolasiar